Desa Batulawang, Kemojan, Karimunjawa - Indonesia
+6287755661223 (WhatsApp)
info@karimunjawahomestay.com
Book Now
Unik, Ternyata Ada Perkampungan Suku Bugis di Karimunjawa
Suku Bugis di Karimunjawa
Unik, Ternyata Ada Perkampungan Suku Bugis di Karimunjawa

source: tripculture.com

Nama Karimunjawa sudah lumayan tersohor di kalangan para traveler. Gugusan pulau di utara Jawa Tengah ini menyuguhkan pesona laut yang menakjubkan, pantai yang indah dan bawah laut tiada banding.

Tapi, pesona Karimunjawa tidak hanya soal keindahan alam saja. Tidak banyak yang tahu, di kepulauan yang masuk ke dalam wilayah administratif Kabupaten Jepara ini terdapat perkampungan Bugis. Unik memang, suku bugis yang berasal dari Sulawesi bisa berada di Karimunjawa yang notebene lebih dekat dengan budaya Jawa.

Perkampungan Bugis di Karimunjawa bisa ditemukan di salah satu pulau terbesar yakni Pulau Kemojan. Mereka tersebar beberapa desa seperti Desa Telaga dan Desa Batulawang. Perkampungan Bugis di sini, juga kerap disebut sebagai Kampung Anak Ogik.

Kehadiran Suku Bugis di Karimunjawa, memang sedikit mengehrankan. Tapi, jika menelisik dari akar budaya mereka, sedikit masuk akal lantaran Suku Bugis memang terkenal sebagai pengarung lautan sejati.
Dimana, selain di Karimun Jawa, Suku Bugis juga bisa ditemukan di Pulau Masalembo, Bawean bahkan hingga ke Pulau Madagaskar di Afrika.

Kendati terpisah lautan dengan jarak beratus-ratus kilometer dari kampung halaman asli di Sulawesi, tapi, budaya Suku Bugis di Karimunjawa tidak terlalu jauh berbeda. Misalnya dari segi bangunan rumah, mereka masih mempertahankan gaya rumah panggung.

Selain itu, mereka juga masih mempertahankan tradisi menenun kain sarung dan juga kuliner khas Suku Bugis. Misalnya, jika kita mampir ke perkampungan Ogik, masih bisa menemukan kuliner khas seperti Roti Pasau, Kue Putrid Sahe, Gogos dan Kue Jatuh Bangun.

nasirullasitam.com

Jika beruntung, wisatawan yang mengunjungi perkampungan Suku Bugis, bisa menyaksikan gelaran budaya Bugis yang digelar hanya pada saat-saat tertentu, misalnya saat pesta Lomban khas Karimunjawa atau saat ada pernikahan warga Bugis.

source: Merdeka.com

Untuk mengunjungi Perkampungan Ogik di Pulau kemojan, pengunjung harus masuk sedikit lebih jauh ke jantung pulau, jaraknya sekitar 22 kilometer dari Pelabuhan Karimun jawa. Tidak ada angkutan umum yang melayani pengunjung ke Kampung Bugis. Tapi bisa menyewa motor sehari atau jasa ojek yang siap mengantar kapan saja.

So, jangan lupa mampir ke Perkampungan Suku Bugis ya jika tengah datang ke Karimunjawa.

Leave a Reply

Karimunjawa Homestay offering you a different atmosphere of Karimunjawa Island. Located in Buginese Village called Batulawang in northern side of Karimunjawa – Indonesia, you can choose a homestay, bungalow or even a beautiful wooden house in a private beach with sunset or sunrise view as your accommodation.
More info & Reservation, Please Call +6287755661223

Paket Karimunjawa Pelni