Desa Batulawang, Kemojan, Karimunjawa - Indonesia
+6287755661223 (WhatsApp)
info@karimunjawahomestay.com
Book Now
8 Aktivitas Seru di Karimunjawa yang Tidak Boleh Dilewatkan
8 Aktivitas Seru di Karimunjawa yang Tidak Boleh Dilewatkan

Karimunjawa menjadi destinasi populer untuk menghabiskan waktu berlibur. Kepulauan di utara Jawa Tengah ini memang punya seabrek spot-spot menarik untuk berwisata bahari. Mulai dari bermain di pantai berpasir putih hingga menjelajah pulau-pulau sekitar tidak boleh boleh untuk dilewatkan.

Yuk simak, sederet aktifitas seru yang wajib untuk dijajal ketika bekrunjung ke Karimunjawa.

1. Pantai, Pantai, Pantai

istimewa

Wisata bahari adalah urat nadi Karimunjawa. Kepulauan ini punya banyak pantai-pantai oke untuk dikunjungi, tentu saja semuanya memukau. Pantai paling populer di Karimunjawa adalah Ujung Gelam, Segon Lele, Batu Topeng, dan Bunga Jabe, Barakuda serta Batu Putih di Kemujan.

Biasanya, dalam trip dua hari ke Karimunjawa, nama-nama pantai di atas, menjadi list paling utama untuk dikunjungi. Selain bermain ombak, ketika datang ke pantai tersebut, panorama sunset adalah satu hal yang paling diburu. Pastikan kamu jangan sampai melewatkannya ya.

2. Snorkeling

istimewa

Laut yang jernih dan perairan dangkal menjadikan Karimunjawa sebagai destinasi untuk menyelam. Ada banyak spot kece yang ditawarkan untuk diving atau sekedar snorkeling di pesisir pantai. Misalnya Menjangan Kecil, Cemara, Pulau Cilik, Pulau Tengah dan Tanjung Gelam. Bahkan di pantai-pantai di point 1 kamu juga bisa snorkeling lho.

3. Island Hopping

istimewa

Karimunjawa terdiri dari beberapa pulau kecil di sekitar Pulau Karimunjawa dan Kemujan. Pulau-pulau kecil ini tersebar berdekatan dan sebagian besar tidak berpenghuni. Mangkanya aktifitas Island Hopping atau menjelajah pulau-pulau kecil menjadi rekomendasi ketika berkunjung ke Karimunjawa.

Pulau Geleang, Menjangan Kecil, Cilik, Cemara Besar dan Tanjung Gelam biasanya menjadi favorit pulau yang dikunjungi dalam trip singkat jelajah pulau. Dengan perahu berkapasitas 15-30 orang, kamu tidak hanya berkeliling saja, namun bisa turun dan bermain pantai di pulau yang dituju. Asyik banget lho.

4. Berkunjung ke Perkampungan Bugis

Suku Bugis di Karimunjawa

istimewa

 

Hah Kampung Bugis? ya, kamu tidak salah, di Karimunjawa tidak hanya bisa menemukan pantai saja, tapi juga ada daya tarik lain yang bisa dijelajahi yakni Perkampungan Bugis.

Perkampungan Bugis di Karimunjawa bisa ditemukan di salah satu pulau terbesar yakni Pulau Kemojan. Mereka tersebar beberapa desa seperti Desa Telaga dan Desa Batulawang. Perkampungan Bugis di sini, juga kerap disebut sebagai Kampung Anak Ogik. Yang menarik, kendati berada jauh dari tempat asalnya di Sulawesi, tapi suku Bugis di sini masih mempertahankan adat dan budaya mereka lho, misalnya bentuk rumah yang masih berupa panggung seperti di Bugis aslinya sana. Wah menarik!

5. Menikmati Sunset di Bukit

istimewa

Menikmati Karimunjawa tidak hanya bisa dilakukan di pinggir pantai saja. Beranjaklah ke Bukit Love yang menjadi favorit treking singkat ketika berada di Karimunjawa. Di Bukit ini pengunjung bisa menikmati panorama Karimunjawa dari ketinggian. Pernah melihat traveler berfoto dengan latar belakang tulisan Karimunjawa berbentuk puzzle? nah di sini tempatnya.

Selain Bukit Love, ada buki lain yang letaknya tidak terlalu jauh yakni Bukit Joko Tuwo. Di Bukit ini pengunjung bisa melihat kerangka ikan paus raksasa purba lho! Oh ya, baik di Joko Tuwo maupun di Bukit Love, pemandangan sunsetnya luar biasa indah.

6. Berenang dengan Hiu

istimewa

Kejutan lain ketika berada di Karimunjawa adalah pengunjung bisa berenang dan berinterkasi langsung dengan ikan Hiu! Iya benar, hiu yang kerap disebut sebagai raja lautan bisa menjadi teman berenang santai lho. Untuk bisa melakukan aktifitas langka ini kamu bisa datang ke penangkaran hijau di Pualu Menjangan. Kendati terasa sedikit ngeri-ngeri sedap, tapi harus diakukan minimal sekali seumur hidup!

7. Tour Mangrove

istimewa

Menjelajah kawasan hutan mangrove bakal menjadi aktifitas seru selanjutnya ketika berada di Karimunjawa. Hutan mangrove Karimunjawa berada di perbatasan antara Pulau Karimunjawa dan Kemuja, tapi pengunjung bisa mulai menjelajah melalui Pulau Kemujan.

Tenang saja, fasilitas untuk tour mangrove ini sudah lumayan lengkap kok, ada jalur treking, pemandu bahkan garu pandang untuk melihat hamparan hijau mangrove ari atas. Cocok banget untuk wisata edukasi.

8. Menghabiskan Malam di Alun-alun Karimunjawa

istimewa

Eits jangan salah lho, Karimunjawa juga punya alun-alun seperti di kota-kota di Pulau Jawa. Alun-alun Karimunjawa berupa lapangan yang dikelilingi oleh bangunan-bangunan vital di pulau ini. Saat malam hari, alun-alun menjadi pusat kuliner paling lengkap di Karimunjawa.

Mangkanya, menghabiskan malam di alun-alun ini sangat direkomendasikan banget, apalagi kalau kamu penyuka makanan seafood, cocok deh. Tapi paling seru sih kalau kulinerannya bareng teman-teman, makan seafood bisa sambil menggelar tikar di lapangan alun-alun. Dijamin deh, bakal menjadi pengalaman malam yang sulit dilupakan.

Leave a Reply

Karimunjawa Homestay offering you a different atmosphere of Karimunjawa Island. Located in Buginese Village called Batulawang in northern side of Karimunjawa – Indonesia, you can choose a homestay, bungalow or even a beautiful wooden house in a private beach with sunset or sunrise view as your accommodation.
More info & Reservation, Please Call +6287755661223

Paket Karimunjawa Pelni