Desa Batulawang, Kemojan, Karimunjawa - Indonesia
+6287755661223 (WhatsApp)
info@karimunjawahomestay.com
Book Now
5 Fakta Menarik Perkampungan Bugis di Karimunjawa, Nomor 5 Bikin Pengin Datang
5 Fakta Menarik Perkampungan Bugis di Karimunjawa, Nomor 5 Bikin Pengin Datang

Karimunjawa tidak hanya dikenal karena pantai dan alam bawah laut yang memikat. Perlahan tapi pasti, keunikan budaya Karimunjawa juga layak dieksplor, misalnya soal keberadaan Suku Bugis di gugusan pulau ini. Jumlahnya tidak sedikit, mereka banyak tersebar di sejumlah pulau hingga membentuk perkampungan bugis.

Siapa yang tidak terpikat untuk datang ke Karimunjawa. Jika sebelumnya, kepulauan di utara Jawa Tengah ini menyuguhkan alam yang elok saja, maka saat ini pengunjung juga bisa menyelami keunikan Suku Bugis. Kamu bisa saja tertarik untuk datang. Tapi sebelum berkemas ke Karimunjawa, ada baiknya menyimak 5 fakta menarik keberadaan Suku Bugis di Karimunjawa. Yuk simak.

1. Telah Bermukim Sejak 1930

Orang Bugis di Karimunjawa | Maioloo.com

Suku Bugis yang terkenal memiliki jiwa pelaut pertama kali datang ke Karimunjawa sekitar tahun 1930. Tercatat, yang pertama kali datang adalah Lato’ Laindra yang berasal dari Wajo, Maniam Pajo, Sulawesi Selatan. Dari pertama kali datang di Karimunjawa, mereka membangun pemukiman di Batulawang, Pulau Kemojan, hingga sekarang.

Namun, ada sejumlah literatur lain yang menyatakan jika Suku Bugis pernah mendiami Karimunjawa sebelum kekuasaan VOC pada 1700. Ini disimpulkan lantaran ditemukan sejumlah makam di sejumlah titik pulau yang telah ebrumur ratusan tahun. Makam-makam tersebut memiliki perbedaan bentuk, satu di antaranya diduga merupakan makam orang Bugis.

2. Dikenal dengan Nama Kampung Anak Ogik

Nahdatululama.id

Di Pulau Kemojan tersebar sejumlah pemukiman Suku Bugis, dan paling besar berada di Desa Batulawang. Di desa ini setidaknya terdapat 12 rumah keluarga Bugis. Orang sekitar menyebut pemukiman Bugis ini dengan nama Kampung Anak Ogik.

3. Mempertahankan Tradisi Leluhur

Kendati terpisah dengan kampung halaman nenek moyang, tapi tidak serta merta Suku Bugis di Karimunjawa melupakan tradisi dan adat istiadat leluhur. Mereka tetap mempertahankan sejumlah budaya khas, di antaranya rumah panggung, kain tenun dan juga kuliner.

Jadi, jika tengah mampir ke Karimunjawa, jangan lupa untuk mampir ke kawasan Batulawang dan kekayaan budaya Suku Bugis di sini. Jika beruntung, kalian juga bisa mencicipi hidangan lezat khas Suku Bugis seperti Roti Pasau, Kue Putrid Sahe, Gogos dan Kue Jatuh Bangun.

4. Hidup Rukun Berdampingan dengan Suku Lain

spadepicnic.wordpress.com

 

Karimunjawa terdiri dari sekitar 10 ribu penduduk. Suku Bugis mendiami Pulau Kemojan yang merupakan pulau terbesar kedua di Kepulaua Karimunjawa. Selain Suku Bugis, terdapat empat suku lain yang mendiami pulau ini, antara lain Jawa, Madura, Bajo dan Suku Mandar.

Kendati berbeda suku, tapi mereka hidup berdampingan dengan rukun. Meksipun dalam komunikasi, mereka masih menggunakan bahasa ibu masing-masing. Di Karimunjawa juga lumrah terjadi perkawinan campur antar suku. Saat menggelar pesta pernikahan mereka mengkombiansikan kedua budaya, misal menikah dengan adat Jawa, namun ornamen yang dipakai khas Suku Bugis dengan warna-warna ngejreng khas Bugis.

5. Pantai Bunga Jabe, Serasa di Sulawesi Beneran

spadepicnic.wordpress.com

Karimunjawa punya sederet pantai-pantai aduhai yang luar biasa indah. Tapi ada satu pantai yang punya sentuhan khas Bugis banget, namanya Pantai Bunga Jabe.

Pantai Bunga Jabe terletak di Pulau Kemujan, tepatnya di sebelah timur Pulau Kemojan dan tidak jauh dari Pekampungan Ogik. Pantai yang telah dikonsep dengan sentuhan seni ini, begitu memanjakan mata dengan rumah-rumah adat Khas Bugis di sekitar pantai juga terdapat ornamen-ornamen dari batu dan kayu dengan ukiran khas Bugis. Jadi ketika datang ke pantai ini, bisa merasakan sensasi berada di Kampung Halaman Bugis di Sulawesi lho..

Leave a Reply

Karimunjawa Homestay offering you a different atmosphere of Karimunjawa Island. Located in Buginese Village called Batulawang in northern side of Karimunjawa – Indonesia, you can choose a homestay, bungalow or even a beautiful wooden house in a private beach with sunset or sunrise view as your accommodation.
More info & Reservation, Please Call +6287755661223

Paket Karimunjawa Pelni